Iklan

Ragam

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DPC PJI Indramayu Bersih-bersih Sungai

Monday, June 20, 2022, June 20, 2022 WAT
Last Updated 2022-06-20T22:45:48Z

INDRAMAYU - Sungai merupakan sumber utama untuk memenuhi air bagi manusia. Banyak masyarakat menggantungkan sumber air bersih yang berasal dari sungai. Namun, kepedulian terhadap sungai masih belum tumbuh dengan baik dalam pribadi setiap orang, ini terlihat dari adanya pencemaran yang terjadi seperti membuang sampah ke sungai.

Terkait hal itu, dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia yang biasa jatuh pada 5 Juni, Dewan Pengurus Cabang Persatuan Jurnalis Indonesia (DPC PJI) Kabupaten Indramayu menggelar aksi bersih-bersih Sungai Cimanuk di Kelurahan Bojongsari.

Tidak hanya itu, DPC PJI Indramayu juga menggelar acara sosialisasi kepada masyarakat soal pentingnya menjaga kebersihan aliran sungai dari sampah.

Acara sosialisasi yang bertajuk 'Sungai Bersih, Air Sehat' itu bertempat di Kawasan Intake, Kelurahan Bojongsari, Kecamatan/Kabupaten Indramayu, Senin (20/6/2022), dan diikuti oleh warga sekitar.



Hadir pada acara tersebut, Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Darma Ayu Kabupaten Indramayu, Ady Setiawan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu, Aep Surahman, Kasi Intel Kejari Indramayu, Gunawan Hari Prasetyo, Forkopimcam Indramayu, perangkat Kelurahan Bojongsari, dan beberapa undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, Dirut Perumdam Tirta Darma Ayu Kabupaten Indramayu, Ady Setiawan mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi seluruh kegiatan yang telah digelar oleh DPC PJI Kabupaten Indramayu. Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya memutus mata rantai pencemaran sungai yang ditimbulkan dari sampah.

"Jika kualitas air di intakenya cukup bagus, maka kami tidak merasa sulit dan tidak memerlukan biaya yang tinggi untuk mengolah air tersebut. Sehingga ini nanti dapat menekan biaya produksi kami dan keuntungannya juga bisa untuk pembangunan daripada Kabupaten Indramayu ini," katanya.

Hal senada juga turut disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu, Aep Surahman, yang juga turut mengapresiasi serta mensuport seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan oleh DPC PJI Indramayu.

"Saya harap kedepan ada pelatihan kepada masyarakat agar dapat mengolah sampah menjadi berkah. Dimana, sampah yang ditimbulkan itu bisa menjadi sirkular ekonomi dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, salah satunya dengan membentuk bank sampah," ujarnya.

"Sampah yang dihasilkan oleh masyarakat dipilah, mana yang bisa dimanfaatkan untuk didaur ulang dan mana yang tidak," tambahnya.



Pada rangkaian kegiatan tersebut, DPC PJI Indramayu juga membangun tempat pembuangan sampah permanen untuk dapat dimanfaatkan oleh warga setempat supaya lingkungan sekitarnya dapat terjaga.

TrendingMore