Iklan

Ragam

Listrik, merupakan Kebutuhan Primer yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Hampir semua kegiatan kita bergantung pada listrik.

Wednesday, September 27, 2023, September 27, 2023 WAT
Last Updated 2023-09-27T09:54:25Z


www.worldnews.or.id Lampung Utara
Kenedi warga kelurahan Sindang Sari keluhkan terkait pemasangan gardu trafo listrik berkapasitas 100 KVA baru di sebelah rumahnya. Diduga Tanpa izin dari lingkungan sekitar.

Kenedi juga sangat tidak setuju dengan adanya kepentingan pemasangan gardu trafo persis disebelah rumah saya. Apalagi gardu trafo nya sejajar dengan teras rumah saya. Yang saya takutkan radiasi dari trapo tegangan tinggi nya. Jangan kan elektronik yang bakal rusak akibat radiasi trapo nya nyawa keluarga saya pun pasti terancam, apa lagi anak-anak sering main di halaman rumah. Ujarnya.

Saat di konfirmasi pekerja saat pemasangan trafo di lapangan yang melalui jasa PT amanah mengatakan "Kami hanya pekerja pak, yang sudah disiapkan tiang oleh pihak PLN Kotabumi. Dan kita cuma pemasanagan nya saja. Ucapnya gito.

Gito juga menjelaskan "kami hanya di suruh oleh pihak PLN ULP bumi abung yang bernama Novrian Doni Saputra". Ucapnya

Saat di konfirmasi dengan Novrian Doni Saputra melalui sambungan telpon. Pemasangan itu sudah ditetapkan dalam gambar di depan Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO), untuk berubah lagi tepatnya yang berbeda lokasi dari gambar, itu permintaan dari UMKO ucapnya Novrian Doni Saputra.

Saat media telusuri kelurahan Sindang sari, kecamatan Kotabumi  lurah Sofian pirman menjelaskan pihak pemasangan trapo di dalam halaman Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO) yang sangat berdekatan dengan rumah warga belum pernah ada izin dari kelurahan sama sekali. Atas permintaan dan  laporan keluhan warga sekitar pihak kelurahan memberhentikan sementara dulu yang bekerja dipemasanagan Gardu Trafo di halaman UMKO yang sejajar dengan teras rumah warga. Ucapnya.


Tegangan Menengah (TM) dengan kapasitas 100 KVA yang ditujukan untuk menyalurkan Energi Listrik dari Pusat-pusat pembangkit yang jaraknya jauh menuju pusat-pusat beban sehingga energi listrik bisa disalurkan.

Berikut ini adalah beberapa bahaya rumah, atau Orang dekat Gardu Listrik, Sutet, dan Tower  Trapo :

1. Tersengat Listrik
2. Rawan kebakaran
3. Rawan terjadi ledakan
4. Putus kabel
5.  Terkena radiasi elektromagnetik 
6. Kemungkinan terkena penyakit kanker 
7. Kemungkinan terkena penyakit limfoma
8. Kemungkinan terkena penyakit leokemia
9. Kemungkinan terkena ganguan insomnia
10. Pengaruhnya harmonisa
Dan masih banyak lainnya efek dari radiasi dari elektromagnetik yang terdampak dari pemasangan trapo yang sejajar langsung dengan rumah warga.

Dari berita buletin lampung  ini terbit rektor UMKO Irawan belum ada tanggapan dan balasan  terkait pemasangan gardu trafo walaupun sudah di hubungi melalui chat  WhatsApp.

TrendingMore